Tangga Rumah Minimalis 2 Lantai

Tangga Rumah Minimalis 2 Lantai – Saat mendesain model tangga rumah minimalis 2 lantai seharusnya mempertimbangkan setiap ketentuan desain. Langkah-langkah naik tangga bisa disusun sebagai rangkaian trap horisontal. Tread adalah lebar horisontal langkah tangga sedangkan ruang tertutup di antara tread ini umum disebut sebagai riser. Tangga yang nyaman dan elegan sangat penting bagi rumah-rumah yang memiliki bagian atas. Model tangga menjadi bagian yang menambah kesan artistik dan menarik dalam rumah anda. Ada banyak pilihan desain bergantung bahan dan layout ruangan rumah. Tangga rumah yang modern bergantung pada pilihan bahan dan trend desain yang lagi populer. Umumnya, tangga-tangga didesain dengan kriteria ringan namun kuat dan desain seperti ini tentu saja memberi citarasa seni dan menginspirasi. Tangga yang unik membuat perasaan anda mengambang dan bibir anda tersenyum setiap kali menaiki dan menuruninya. Tangga idaman seperti lebih dari sekadar bagian dari arsitektur rumah melainkan bagian penting dari kehidupan anda sekalipun anda tidak menyadarinya. Ada beberapa syarat penting untuk mendesain Tangga Rumah Minimalis bentuk tangga rumah anda. Desain tersebut harus mempertimbangkan berat badan rata-rata orang yang sering naik turun (namun pertimbangkan juga kapasitas di atas berat badan rata-rata karena terkadang rumah juga didatangi tamu). Tangga yang didesain dengan bagus memiliki akses yang mudah dan proporsi langkah yang imbang. Berikut ini beberapa ketentuan untuk desain tangga: Lebar tangga Lebar minimum tangga untuk sebuah keluarga tunggal setidaknya 75 cm atau ditambah 10 cm lagi. Yang perlu dicatat adalah lebar tempat mendarat dari tangga harus lebih atau setidaknya sama dengan pajang langkah. “Tread” dan “riser” tangga Lebar minimal tread (bagian lebar horisontal anak tangga) adalah 250 mm. Namun jika ruang tidak memungkinkan, lebarnya bisa hanya 200 mm. “Riser” atau bagian tinggi vertikal anak tangga setidaknya 190 hingga 200 mm Kemiringan tangga Kemiringan minimum tangga dengan lantai setidaknya 26 derajat dengan kemiringan maksimum tangga dengan lantai setidaknya 45 derajat. Kemiringan tangga ideal dengan lantai adalah 30 derajat. Pegangan tangga Pegangan tangga harus dipasang pada tangga demi kenyamanan dan keamanan saat penghuni rumah menaiki dan menuruni tanga. Tinggi pegangan tangga tidak boleh kurang dari 800 mm dan lebih dari 900 mm. Pencahayaan Demi alasan keamanan dan juga estetika, tangga di dalam rumah perlu memiliki pencahayaan yang cukup. Pada bagian atas dan bawah tangga setidaknya harus ada dua saklar yang menerangi.

tangga rumah minimalis 2 lantai

tangga rumah minimalis 2 lantai

tangga rumah minimalis 2 lantai sederhana

tangga rumah minimalis 2 lantai sederhana

tangga rumah minimalis 2 lantai modern

tangga rumah minimalis 2 lantai modern

desain tangga rumah minimalis 2 lantai

desain tangga rumah minimalis 2 lantai

model tangga rumah minimalis 2 lantai

model tangga rumah minimalis 2 lantai

ukuran tangga rumah minimalis 2 lantai

ukuran tangga rumah minimalis 2 lantai

contoh tangga rumah minimalis 2 lantai

contoh tangga rumah minimalis 2 lantai

desain tangga rumah minimalis modern 2 lantai

desain tangga rumah minimalis modern 2 lantai

bentuk tangga rumah minimalis 2 lantai

bentuk tangga rumah minimalis 2 lantai

gambar tangga rumah minimalis 2 lantai

gambar tangga rumah minimalis 2 lantai


Model Inspirasi Desain Interior Ruang Tamu Sederhana


Definisi sederhana pada sebuah ruang tamu mungkin bisa bermakna luas. Sederhana disini bisa berarti desain interiornya cukup simple tanpa banyak detail dan menggunakan furnitur sesuai kebutuhan saja. Namun disisi lain kata sederhana bisa juga diartikan ruang tamu yang didesain alakadarnya karena terbatasnya luas ruangan. Desain interior ruang tamu sederhana sendiri mayoritas memang diterapkan pada rumah kecil minimalis, yang umumnya langsung menyatu dengan ruang keluarga.

Untuk ukuran rumah yang kecil, menyatukan ruang tamu sekaligus ruang keluarga mungkin solusi paling ideal, sebab dengan begitu tidak perlu membuat sekat dinding untuk membatasi kedua ruang tersebut. Dan untuk mendesain ruangan seperti itu sebenarnya bukan hal yang susah, cukup sedikit berspekulasi dengan ide-ide kreatif untuk menata ruang tamu sederhana secara tepat.

Memperhitungkan Tamu yang Datang

Selain karena keterbatasan anggaran, alasan mengapa orang lebih memilih hunian kecil karena kebanyakan mereka menyukai hal-hal yang praktis. Rumah kecil tak membutuhkan perawatan yang banyak memakan waktu, meskipun untuk membuatnya nyaman harus mendapat sentuhan desain interior yang menarik.

Seperti yang dikatakan diatas, desain interior ruang tamu sederhana fungsinya akan lebih optimal jika digabungkan dengan ruang keluarga. Tentu saja sebelum memutuskan ini perlu pertimbangan khusus sebab penggabungan dua ruangan dengan fungsi berbeda ini bukan tanpa resiko. Seperti kita tahu, umumnya ruang keluarga selalu diisi dengan beragam aktivitas oleh seluruh anggota keluarga, jadi untuk menggabungkannya dengan ruang tamu butuh trik khusus yang perlu diperhatikan. Bagaimana caranya?

Sebelum menggabungkan ruang tamu sekaligus ruang keluarga, sebaiknya kita berpikir ulang, apakah ruang tamu memang mutlak kita butuhkan? Jika memang iya, kita harus ingat berapa biasanya jumlah tamu yang datang dan apakah kita mengenal mereka? Pertanyaan-pertanyaan tersebut penting untuk dicari jawabnya sebelum benar-benar memutuskan menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga. Perlu kita ketahui, orang mudah terjebak pada situasi dimana ada anggapan bahwa ruang tamu mutlak harus ada dalam sebuah rumah, padahal tuan rumah sendiri sangat jarang menerima tamu. Kalau ruang tamu memang tidak dibutuhkan, kita tidak perlu repot-repot membuatnya bukan?

Penempatan furnitur di ruang tamu sederhana nantinya juga berpengaruh pada tamu yang datang terutama berkaitan dengan tempat duduk. Jika tamu yang sering datang jumlahnya cukup banyak, kta tidak perlu memaksakan diri menempatkan kursi sofa ukuran besar. Cukup menempatkan satu sofa dengan dua dudukan serta beberapa single chair di ruang tamu. Penempatan single chair ini solusi paling praktis dan cukup efektif untuk menghemat space ruangan sebab single chair dapat digeser atau dipindahkan ke tempat lain jika tidak digunakan lagi.

Poin paling penting untuk desain interior ruang tamu sederhana adalah pentingnya menempatkan furnitur multifungsi. Contohnya mengganti sofa besar dengan bench panjang yang didesain sekaligus sebagai kotak penyimpanan sehingga bagian atas bisa dibuka atau ditutup. Cara ini perlu dilakukan jika luas ruang tamu tidak begitu besar namun disatu sisi dituntut tetap rapi dan fungsional.