Plafon Rumah Minimalis Gypsum

Plafon Rumah Minimalis Gypsum – Plafon adalah bagian rumah yang fungsi utamanya melindungi seisi rumah dari panas dan hujan dan juga dari bahaya lain seperti binatang atau cuaca yang buruk. Dalam perkembangannya, plafon semakin berperan dalam mempercantik dan memperindah penampilan rumah. Plafon dapat menyerap suhu udara yang terlalu panas, membantu sirkulasi udara dan juga tempat bergantungnya lampu rumah. Seiring perkembangan desain, banyak tersedia tipe plafon untuk memenuhi selera dan kebutuhan anda. Plafon-plafon ini memiliki kualitas dan tentunya harga yang bervariasi bergantung jenis dan bahan. Pada rumah minimalis misalnya, pemakaian gypsum sebagai bahan plafon menjadi semakin populer. Selain murah, plafon gypsum juga memiliki keunggulan lain dalam hal pemasangan yang relatif mudah. Secara estetis plafon gypsum juga memberi kesan rapi, bersih dan elegan. Bagaimanapun, plafon yang berbahan gypsum memiliki satu kelemahan pokok. Bahan gypsum cenderung lebih rapuh jika terkena air dalam waktu lama dan sering. Kebocoran akibat tekanan air ini terkadang membuat plafon harus diganti. Sekalipun relatif Plafon Rumah Minimalis Gypsum murah, namun kita tahu bahwa biaya pemasangan juga memberi beban ongkos yang tinggi. Selain gypsum, bahan plafon yang juga umum ditemukan di rumah-rumah minimalis adalah bahan triplek. Bahan triplek tergolong murah, ulet dan lebih kuat daripada gipsum. Dengan ketebalan sekitar 3 sampai 5 mm triplek mudah dibentuk dan dipasang. Apalagi bahan ini juga tergolong ringan. Kelemahan plafon berbahan triplek adalah mudah termakan rayap atau jamur. Sedangkan plafon sebagai bagian rumah yang cukup tinggi agaknya lebih jarang dibersihkan daripada bagian lain seperti lantai dan dinding. Adakalanya untuk plafon orang-orang bisa menggunakan perpaduan antara gipsum dan triplek untuk mengambil keunggulan dari masing-masing bahan. Bahan-bahan plafon yang lebih mahal tentunya juga lebih bagus untuk dipasang. Namun, harga yang relatif sangat mahal membuat orang-orang lebih memilih mengalokasikannya untuk memperindah bagian rumah lain. Meski demikian ada cara-cara kreatif untuk memperindah penampilan plafon anda. Cobalah bermain dengan warna-warna yang unik. Harus diperhatikan bahwa memberi warna yang terlalu bervariasi membuat plafon justru nampak semrawut. Nah, jika anda tidak cukup artistik, atau tidak ada orang yang membantu anda membuat plafon nampak lebih artistik, penggunaan satu atau dua warna dominan cukup untuk menambah cantik penampilan plafon. Demikianlah, penampilan plafon bisa diperindah sesuai budget anda. Namun yang paling penting untuk diperhatikan adalah fungsi utama dari plafon tersebut yaitu melindungi rumah dari cuaca di luar rumah terutama panas dan hujan.

Plafon Minimalis 2016

Plafon Minimalis 2016

Model Plafon Gypsum Elegan

Model Plafon Gypsum Elegan

Plafon Minimalis

Plafon Minimalis

Model Plafon 2016

Model Plafon 2016

Plafon Gypsum

Plafon Gypsum

Gypsum Minimalis

Gypsum Minimalis

Model Gypsum 2016

Model Gypsum 2016

Plafon Rumah

Plafon Rumah

Model Plafon Gypsum

Model Plafon Gypsum

Model Plafon Rumah

Model Plafon Rumah

Plafon Gypsum Minimalis

Plafon Gypsum Minimalis

Model Plafon Minimalis

Model Plafon Minimalis

Gypsum Rumah Mewah

Gypsum Rumah Mewah

Model Plafon

Model Plafon

Model Gypsum Ruang Tamu

Model Gypsum Ruang Tamu

Model Plafon Triplek Ruang Tamu

Model Plafon Triplek Ruang Tamu

Plafon Rumah Gypsum Ruang Tamu

Plafon Rumah Gypsum Ruang Tamu

Motif Plafon Ruang Tamu Triplek

Motif Plafon Ruang Tamu Triplek


Ide Desain Dan Denah Rumah Minimalis Type 100


Memiliki rumah minimalis type 100 bisa menjadi keuntungan tersendiri sebab rumah tipe ini tergolong rumah ukuran besar dan dapat dengan mudah dieksplorasi menjadi hunian mewah. Desain dan denah rumah minimalis type 100 mencerminkan sebuah bangunan kokoh seluas 100 meter persegi dan dapat dibangun dengan 2 lantai. Dengan luas bangunan sebesar ini, tentu sangat mudah bagi pemilik rumah untuk menentukan jumlah ruangan tanpa harus terkendala minimnya luas rumah.

Rumah minimalis type 100 memang dapat dibangun 1 lantai atau 2 lantai, namun secara fisik tampilan desain 1 lantai sendiri sepintas mirip dengan 2 lantai. Hal ini disebabkan luas bangunan yang cukup besar sehingga mau tak mau bangunannya sendiri harus dibuat lebih tinggi. Atau hal tersebut disebabkan oleh konsep lantai split yang diterapkan pada desain rumah, dimana ruang tamu serta teras rumah berada diatas garasi yang ada di elevasi sekitar 2.2 meter. Jika dibandingkan dengan elevasi pada rumah 2 lantai memang perbedaannya tidak terpaut jauh dimana rumah dengan 2 lantai memiliki elevasi sekitar 3.5 meter hingga 4 meter. Jadi boleh dibilang rumah type 100 adalah rumah yang didesain satu setengah lantai.

1 Lantai Lebih Efektif

Jika dilihat dari desain dan denah rumah minimalis type 100, rumah ini memang lebih efektif dibangun dengan 1 lantai. Hal ini cukup beralasan sebab selain lebih hemat dari sektor pendanaan, semua komponen utama dalam rumah seperti kamar tidur, ruang keluarga, kamar tidur utama, dapur, serta kamar mandi umumnya berada di lantai dasar. Jadi struktur bangunan rumah type 100 dengan 1 lantai lebih efisien sebab hanya pada saat menerima tamu saja yang biasanya dilakukan di lantai split. Itupun kita cukup menaiki tangga setinggi 2.2 meter saja.

Dengan menggunakan konsep lantai split, perhitungan secara kasar kita hanya membutuhkan tanah seluas 144 meter persegi atau dengan ukuran ideal 9 m x 16 m. Dengan luas rumah 100 meter persegi, secara keseluruhan dapat mengakomodasi beberapa kebutuhan misalnya 3 buah kamar tidur, 1 ruang makan, 1 ruang keluarga, 1 kamar mandi, dan 1 ruang keluarga. Misalnya kita ambil 100 meter persegi untuk luas bangunan, maka kita masih memiliki sisa lahan seluas 44 meter persegi. Sisa luas lahan tersebut dapat kita manfaatkan untuk fungsi lain seperti taman, halaman, carport, atau tempat khusus bermain anak. Jika lokasi rumah harus dibangun di pinggir jalan raya sebaiknya posisi rumah dibuat sedikit menjorok ke belakang sehingga sisa lahan nantinya berada di depan rumah. hal ini sekaligus untuk menghindari suara bising kendaraan akibat rumah yang terlalu mepet di jalan raya.

Jika sisi luas lahan dimanfaatkan untuk carport, hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi pemilik rumah yang memiliki kendaraan lebih dari satu. Dalam hal ini carport fungsinya bisa dioptimalkan apabila garasi tidak bisa menampung semua kendaraan. Demikian desain dan denah rumah minimalis type 100, semoga bermanfaat.