Desain Partisi Antara Ruang Tamu Dan Ruang Keluarga

Desain Partisi Antara Ruang Tamu Dan Ruang Keluarga – Partisi Ruang Tamu ~ Seringkali ruangan di dalam rumah terlalu luas untuk difungsikan sekaligus bagi berkumpulnya beberapa aktivitas. Jika memungkinkan, ruangan yang terlalu luas ini bisa disekat-sekat untuk membuat pemanfaatan fungsi ruang menjadi lebih efisien dan efektif. Pemasangan sekat atau partisi menjadi populer sejak perumahan-perumahan modern dibangun, baik itu rumah minimalis atau rumah yang berukuran lebih luas. Dengan partisi-partisi ini tembok permanen tidak perlu lagi dibuat, sehingga selain memberi kemudahan dalam perawatan, ongkos partisi ini relatif lebih murah. Apabila pemilik rumah ingin menyesuaikan alokasi ruangan dalam rumahnya biaya renovasi juga tidak setinggi jika harus membongkar tembok. Partisi ruangan bisa memberi kesan pribadi tambahan dimana ruangan tertentu mendapatkan privasi yang relatif bebas gangguan dari lalu lalang penghuni rumah lainnya. Sekalipun demikian partisi non permanen ini relatif mudah digeser atau dipindahkan, menyesuaikan kebutuhan ruang di dalam rumah. Misalnya, ketika sebuah rumah hendak menyelenggarakan acara hajatan dengan mengundang tamu lebih banyak, item-item partisi Desain Partisi Antara Ruang bisa dipinggirkan terlebih dahulu, alias bisa dibongkar pasang dengan mudah. Ini tentu saja tidak bisa dilakukan pada partisi menggunakan tembok permanen. Gerak penghuni ruangan pun akan dipermudah dengan adanya partisi ini. Namun yang perlu diperhatikan juga adalah sirkulasi udara dan pencahayaan karena membiarkan bagian-bagian tertentu rumah kekurangan sirklasi udara dan pencahayaan tidaklah bagus. Demikian pula, ada banyak bahan partisi yang bisa dipilih. Mulai dari gypsum, kayu hingga stainless steel, aluminium atau logam yang lebih mahal. Pemilihan bahan ini disesuaikan dengan tingkat privasi yang ingin didapatkan. Misalnya, jika partisii dilakukan untuk menyekat ruang yang sifatnya lebih pribadi, bahan dari gypsum menjadi alternatif yang baik. Untuk partisi pada ruang yang tingkat privasinya lebih rendah, misalnya untuk ruang makan, penggunaan partisi dengan bahan kayu kombinasi kertas akan lebih baik. Dalam mempartisi bagian-bagian rumah, perhatikan pula teknik cleaning yang pastinya akan menjadi rutinitas sehari-hari. Partisi tidak boleh membuat penghuni rumah kesulitan dalam membersihkan rumah dan bagian-bagian partisinya. Dengan adanya partisi rumah harus tetap higienis, bersih dan bebas dari kuman dan kotoran. Kesalahan terbesar jika partisi yang direncanakan itu nantinya malah menjadi sarang hama seperti tikus dan kecoak. Untuk mendukung estetika rumah, penggunaan partisi bisa memberikan kesan yang diinginkan oleh si pemilik rumah. Gunakan warna dan corak yang sesuai dengan rumah anda. Dan yang lebih penting adalah, partisi tersebut memungkinkan aktivitas di dalam rumah tidak terganggu, tetapi berjalan lebih efektif dan efisien.

Partisi Ruangan

Partisi Ruangan

Partisi Ruang Tamu

Partisi Ruang Tamu

Penyekat Ruangan Dari Gypsum

Penyekat Ruangan Dari Gypsum

Partisi Ruang Tamu Dan Ruang Keluarga

Partisi Ruang Tamu Dan Ruang Keluarga

Partisi Rumah

Partisi Rumah

Pembatas Ruangan

Pembatas Ruangan

Sekat Ruangan

Sekat Ruangan

Penyekat Ruang Tamu Dan Ruang Keluarga

Penyekat Ruang Tamu Dan Ruang Keluarga

Model Partisi

Model Partisi

Partisi Minimalis

Partisi Minimalis

Sekat Ruang Tamu

Sekat Ruang Tamu

Pembatas Ruang Tamu Dan Ruang Keluarga

Pembatas Ruang Tamu Dan Ruang Keluarga

Gambar Partisi

Gambar Partisi

Pembatas Ruangan Minimalis Modern

Pembatas Ruangan Minimalis Modern

Partisi

Partisi

Penyekat Ruangan

Penyekat Ruangan

Partisi Ruang

Partisi Ruang

Penyekat Ruang Tamu

Penyekat Ruang Tamu

Pembatas Ruangan Tamu Minimalis

Pembatas Ruangan Tamu Minimalis


Model Rumah Minimalis 1 Lantai


Meskipun hanya dengan model yang sederhana, rumah tetap kebutuhan primer yang harus dimiliki setiap orang terutama mereka yang sudah berumah tangga. Namun bagi mereka yang berpenghasilan pas-pasan, memiliki rumah kadang hanya sebatas impian karena sulitnya masalah finansial sehingga lahan dan material untuk membangun rumah sulit terbeli. Untuk mengatasi hal ini, umumnya orang lebih memilih membangun model rumah minimalis 1 lantai. Model rumah minimalis sederhana memang secara fisik tidak begitu luas, namun untuk mengantisipasi kebutuhan rumah yang begitu vital, jenis rumah ini adalah solusi paling tepat ditengah keterbatasan anggaran.

Desain Sederhana

Secara umum konsep rumah minimalis 1 lantai terbilang cukup sederhana dengan hanya memanfaatkan luas bangunan yang rata-rata sangat minim. Ruangan-ruangan didalamnya hanya dibagi menjadi beberapa ruang baku seperti kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi serta dapur. Meskipun tergolong rumah sederhana, rumah minimalis 1 lantai ini mampu memberi kenyamanan dan bukan tidak mungkin menjadi rumah idaman untuk keluarga modern asalkan didesain dengan penataan yang tepat. Pembagian luas bangunan menjadi faktor paling menentukan untuk memaksimalkannya menjadi ruangan dengan ukuran ideal. Dengan kata lain tiap meter persegi dari luas rumah harus dihitung lebih terperinci agar seluruh luas yang ada dapat dimanfaatkan lebih efisien.

Untuk menciptakan model rumah minimalis 1 lantai yang lebih nyaman, harus ada keseimbangan antara desain eksterior dan interiornya. Rumah minimalis sendiri mempunyai ciri terbatasnya ruang, jadi kita tidak perlu menempatkan banyak furnitur untuk interior ruangan. Rumah minimalis dengan banyak property yang menumpuk, akan terlihat seperti gudang yang akan menghilangkan keindahan ruangan. Ukuran furnitur seperti meja, sofa, dan kursi sebaiknya disesuaikan dengan luas ruang tamu. Sebaiknya ukuran property tersebut tidak terlalu besar supaya ruang tamu tidak bertambah sempit.

Desain eksterior rumah minimalis 1 lantai juga wajib diperhatikan. Untuk menambah kesan elegan untuk rumah minimalis bisa dibuat pagar dibagian depan. Tapi ingat, jangan membuat pagar terlalu tinggi,sesuaikan konsep pembuatan pagar dengan konsep rumah minimalis. Pagar yang terlalu tinggi membuat bangunan rumah menjadi terhalang, dengan sendirinya konsep minimalis yang diterapkan menjadi hilang. Jika masih ada sisa lahan kosong, sebaiknya dimaksimalkan untuk fungsi halaman. Dan jika memungkinkan bisa dibuat taman kecil didepan teras sebelah kanan atau kiri rumah. Meskipun tergolong rumah sederhana, namun dengan keberadaan taman kecil bisa menambah suasana nyaman dan membuat rumah terlihat lebih modern.

Ruang dapur untuk model rumah minimalis 1 lantai juga perlu mendapat perhatian terutama untuk ventilasi udara. Sebaiknya dipasang jendela yang cukup besar di bagian dapur agar sirkulasi udara berjalan normal. Jendela ini juga bermanfaat sebagai media pencahayaan supaya sinar matahari langsung bisa masuk ke dapur. Ingat, rumah minimalis juga identik dengan dapur yang sempit. Jadi faktor pencahayaan dan sirkulasi udara adalah dua hal yang wajib dipenuhi.