Desain Kamar Mandi Minimalis

Desain Kamar Mandi Minimalis – Desain Kamar Mandi Minimalis ~ Kenyamanan kamar mandi menjadi kebutuhan yang semakin popular di kalangan masyarakat. Tumbuhnya pemukiman-pemukiman baru di perkotaan dengan ukuran kecil dan menengah memberikan tantangan tersendiri bagi anda yang ingin memiliki kamar mandi nyaman namun dengan ukuran yang terbatas. Bagaimanapun, impian memiliki kamar mandi minimalis namun tetap terkesan elegan dan lega bukanlah hal yang mustahil. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan terkait dengan penataan kamar mandi anda mulai dari pewarnaan, penataan tempat dan juga pemilihan bahan-bahan primer. Sudah menjadi kesepakatan umum bahwa pemilhan warna cerah untuk ruang-ruang sempit bisa memberi kesan lebih lega dan luas. Pilihlah warna-warna cerah, terutama warna putih untuk kamar mandi anda. Warna dasar ini akan memberi kesan elegan pada unsur-unsur lain dalam kamar mandi anda terutama logam. Kran, pancuran, wastafel yang berlapis stainless steel akan menambah gemerlap kecerahan kamar mandi anda. Unsur lain yang sangat mendukung penciptaan kesan lega kamar mandi adalah menaruh satu Desain Kamar Mandi Minimalis atau dua cermin berukuran sedang hingga jumbo di dalam kamar mandi. Cermin ini akan memantulkan bagian-bagian kamar mandi sehingga seakan memperluas ruang yang ada. Namun yang perlu diperhatikan juga adalah penataan unsur-unsur lain secara rapi karena sifat refleksi yang kongruen dari cermin akan memberi kesan tambah semrawut jika penataan kamar mandi lebih acak-acakan. Konsultasikan dengan ahli desain interior yang anda kenal karena saran dari mereka akan sangat berguna dalam menyesuaikan pola-pola dalam kamar mandi dengan pantulannya dalam cermin. Hal yang tidak boleh diabaikan adalah memberi kesan tajam atau kontras dalam ruang yang didominasi oleh warna cerah. Anda bisa membuat list/frame dengan warna hitam pada tepi-tepi dinding atau juga menyesuaikan dengan perabot yang ada di dalam kamar mandi. Perabot seperti lemari bisa dikombinasikan dengan warna gelap kontras untuk memberi kesan elegan. Pada kesempatan ini akan kami berikan beberapa contoh desain kamar mandi bernuansa alami dipadukan dengan batu alam. Bagian terakhir dari ide kamar mandi minimalis ini adalah penataan cahaya. Memberikan cahaya yang terang tapi soft bisa membuat kamar mandi anda sebagai salah satu tempat favorit di rumah anda. Hal yang juga terpenting dalam konsep kamar mandi minimalis adalah menjaga kebersihan. Kesan kotor atau kusam akan semakin buruk dan kentara ketika dipantulkan oleh cermin. Jadi anda perlu memperhatikan cara-cara membersihkan kamar mandi berikut mengenali bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membersihkannya. Untuk itu anda bisa searching di internet untuk informasi tentang bahan-bahan yang anda gunakan di dalam kamar mandi juga bahan serta peralatan umum untuk membersihkannya. Demikianlah informasi mengenai model desain kamar mandi minimalis bernuansa alami dengan kombinasi keramik motif batu alam.

Keramik Kamar Mandi Batu Alam

Keramik Kamar Mandi Batu Alam

Kamar Mandi Batu Alam

Kamar Mandi Batu Alam

Batu Alam Utk Kamar Mandi

Batu Alam Utk Kamar Mandi

Desain Kamar Mandi

Desain Kamar Mandi

Kamar Mandi Kecil Minimalis Batu Alam

Kamar Mandi Kecil Minimalis Batu Alam

Kamar Mandi Minimalis Batu Alam Sederhana

Kamar Mandi Minimalis Batu Alam Sederhana

Kamar Mandi Natural Minimalis

Kamar Mandi Natural Minimalis


Desain Arsitektur Pada Rumah Minimalis Type 36


Diantara tipe-tipe rumah lain, mungkin rumah minimalis type 36 termasuk paling sederhana baik model dan desainnya. Spesifikasinya juga relatif terbatas yaitu, ruang tamu, 2 kamar, 1 kamar mandi, dan dapur. Mengingat sempitnya luas rumah, desain rumah minimalis type 36 hanya bisa dilakukan dengan memaksimalkan fungsi ruangan. Jadi dalam rumah tersebut hanya dibuat ruang-ruang yang dibutuhkan saja. Dengan begitu diharapkan kesan ‘penuh’ pada rumah tipe ini dapat diminimalisir.

Kenaikan harga rumah yang mencapai 25% pertahun membuat sebagian orang yang memiliki penghasilan pas-pasan lebih memilih rumah minimalis type 36. Meskipun jumlah ruangnya sangat terbatas, harga rumah ini masih terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah. Mengingat kebutuhan kamar tidur mungkin akan bertambah seiring bertambahnya anggota keluarga, diperlukan cara untuk mengembangkan rumah minimalis type 36 dengan menambah jumlah ruangan yang ada.

Renovasi dan Pengembangan Rumah Minimalis Type 36

Jika harga tanah dan rumah semakin tidak terjangkau, perlu perencanaan yang matang untuk menambah kapasitas ruang dengan melakukan renovasi, tanpa harus banyak merubah ruang-ruang yang sudah ada. Dengan begitu anggaran yang dikeluarkan untuk renovasi tidak terlalu besar.

Seiring bertambahnya anggota keluarga, jumlah kamar yang umumnya hanya 2, perlu ditambah menjadi 3 atau 4 kamar. Rumah minimalis type 36 biasanya berdiri diatas tanah kavling ukuran 6m x 12m, atau 6m x 15m. ukuran kavling tersebut memang tidak terlalu luas, namun masih memungkinkan untuk ditambah beberapa ruang didalamnya.

Desain rumah minimalis type 36 memang tidak memungkinkan untuk membuat beberapa ruang lagi meskipun memanfaatkan sisa lahan bagian belakang. Jalan satu-satunya adalah mengembangkan desain keatas (2 lantai) dengan penambahan beberapa kamar tidur. Namun untuk mengembangkan rumah minimalis type 36 menjadi 2 lantai, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Untuk membuat rumah menjadi 2 lantai dibutuhkan space di lantai 1 untuk tangga. Konstruksi kuda-kuda penutup atap juga perlu diperbaharui dan disesuaikan dengan layout lantai yang baru. Dalam renovasi ini juga butuh penyesuaian dari jumlah kolom struktur, juga penambahan pondasi foot plate di sektor-sektor tertentu untuk menahan beban berat bangunan yang baru.

Biarpun jumlah lantai ditambah, sebaiknya denah awal tidak ada yang dirubah supaya bisa lebih hemat biaya. Sebagian dinding belakang di area dapur yang lama dibuka untuk menggabungkannya dengan taman belakang rumah, yang nantinya digunakan untuk dapur baru. Bagian dapur lama kemudian dimanfaatkan untuk ruang tangga penghubung lantai 1 dan 2. Sementara rear garden (taman belakang) difungsikan sebagai dapur baru dengan posisi courtyard dibagian tengah (antara dapur dan master bedroom).

Perlu adanya tambahan pondasi untuk mendukung konstruksi lantai 2. supaya lebih kuat dan aman, struktur pondasi tambahan sebaiknya disebar ke sudut dan tengah ruangan. Desain rumah minimalis type 36 ini akan terlihat sempurna apabila dibuat voide (lubang terbuka) yang terhubung antara lantai 1 dan 2, agar sirkulasi udara di kedua ruangan berjalan lancar dan seimbang.