Green Building, Konsep Rumah Adat Indonesia Bernuansa Modern

Sampai saat ini Indonesia di berbagai belahan dunia yang terkenal sebagai memiliki nenek moyang ‘jenius’. Bagaimana tidak banyak pada hari-hari sebelum kompas nenek moyang kita telah memiliki pengetahuan tentang ilmu navigasi berbasis pada konstelasi saat berlayar di lautan di dunia. Bahkan ketika kali beralih ke era modernisasi di mana ada di sini bergema Kampanye Teknologi Hijau, kita harus mengakui bahwa nenek moyang kita telah benar-benar menjadi arsitek ahli yang handal dalam membangun rumah dengan menerapkan konsep Green Technology. Bukti otentik dari hal ini dapat dilihat dari jumlah rumah tradisional Indonesia yang besar terbuka konsep dengan memanfaatkan alam hijau. Untuk saat ini konsep terbuka sering disebut Green Building.

Model Desain Rumah Adat Toba Yang Eksotis

Awal terbentuknya Konsep Green Building

Bukti kejeniusan nenek moyang kita dalam hal kursus desain rumah ramah lingkungan, kita dapat melihat dari ujung Papua, Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan pulau-pulau lainnya termasuk seluruh wilayah Indonesia. Kita dapat menemukan contoh konkret dari arsitektur rumah tradisional dari berbagai daerah etnis dan suku. Rata-rata rumah adat di semua daerah memiliki permukaan desain rumah lebih tinggi dari permukaan tanah. Ketinggian rumah dari jarak permukaan tanah bervariasi dari 50 inci dan bahkan sampai 2 meter. Polandia masing-masing rumah adat dapat dibuat dari apa pun, seperti batu atau panggung bambu panjang. Yang penting rumah desain permukaan harus lebih tinggi dari permukaan tanah. Sebenarnya, dari sini konsep Green Building dimulai, dan kemudian dikembangkan dalam bentuk desain rumah modern.

Rumah Traditional Indonesia Berkonsep Green Building

Ada beberapa rumah tradisional Indonesia dengan menggunakan konsep Green Building. Sebut saja Rumah Panggung Baduy, rumah adat Toraja, dan Menara House. Pertanyaannya adalah mengapa desain rumah tradisional yang dibuat lebih tinggi dari permukaan tanah? Jawabannya sederhana, fungsi buffer rumah adalah untuk memberikan fleksibilitas untuk bergerak udara di bagian bawah rumah. Dengan kata lain, buffer rumah tradisional berfungsi sebagai ventilasi bagi penghuni rumah.

Bambu Sebagai Penyangga Rumah Tahan Gempa

Dari zaman kuno penggunaan tonggak bambu sebagai penyangga rumah  diyakini struktur rumah yang tahan terhadap goncangan gempa. Secara teori, bambu ditanam di tanah akan bergoyang atau bergerak mengikuti irama gerakan gelombang seismik yang dihasilkan secara dinamis yang tidak mengakibatkan runtuhnya dinding. Teori ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor Jepang yang pernah menjadi guru di IPB di mana Ia membuat ruang anti-gempa menggunakan bahan dari bambu. Hal ini berbanding terbalik dengan dasar yang terbuat dari batu yang dicampur dengan semen dan pasir yang kaku dan statis. Tentu saja, dasar risiko serius seperti patah tulang di dinding saat gempa.

Pemilihan Atap Rumah Adat

Tidak hanya fungsi pilar, rumah adat yang besar atap bahan serat dan daun kiral bukan tanpa sebab. Pilihan atap dari bahan-bahan alami ini tentu saja bersifat ramah lingkungan. Tidak hanya itu, pilihan jenis atap, juga mampu mengurangi sambil menyerap panas, yang umumnya jatuh lebih pada siang hari.

Dari pembahasan di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwa penggunaan pilar rumah, desain atap serat kiral dan meninggalkan rumah adat Indonesia menunjukkan bahwa konsep pembangunan rumah ramah lingkungan sudah dikenal oleh nenek moyang kita. Dan sekarang pengetahuan ini disampaikan dalam bentuk rumah modern dengan sentuhan tradisional seperti konsep sekarang internasional Green Building.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Koleksi Gambar Rumah Adat Indonesia Bernuansa Modern

Incoming search terms:

  • konsep rmh tradisonal nuansa alam jawa
  • rumah minimalis campur adat
  • konsep indonesia bagus
  • dampak Google gambar rumah adat
  • jenis atap rumah jawa untuk lantai dua
  • interior rumah adat
  • rumah green building
  • minimalis building
  • denah rumah tradisional
  • sketsa rumah adat indonesia
  • building rumah batak contoh
  • desain rumah adat modern
  • konsep bangunan tradisional moderen
  • Konsep dalam menggambar rumah aceh